Pemimpin yang Berpengaruh: Anies Menonjol dalam Survei Bloomberg, Ungguli Prabowo dan Ganjar

Sejumlah ekonom dan analis senior di Indonesia menyatakan dukungan kuat mereka untuk calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan, dalam pertarungan Pilpres 2024. Pernyataan ini muncul setelah hasil survei Bloomberg yang melibatkan 17 ekonom dan analis terkemuka.

Menurut survei yang dilakukan pada awal Januari, Anies berhasil meraih skor tertinggi, yakni 33 dari 17 ekonom dan analis yang diwawancara. Mereka sepakat bahwa Anies adalah sosok yang paling tepat untuk memimpin Indonesia.

Seiring dengan munculnya dukungan untuk capres nomor urut satu Anies Baswedan dalam survei Bloomberg, Prabowo Subianto dari nomor urut dua dan Ganjar Pranowo dari nomor urut tiga tampak bersaing ketat. Prabowo mencapai nilai 29, sedangkan Ganjar memperoleh nilai 28, menempatkan mereka di posisi kedua dan ketiga secara berurutan.

Survei tersebut juga mengungkapkan optimisme terkait pertumbuhan ekonomi Indonesia, diperkirakan akan melaju lebih cepat dari 5 persen. Namun, sorotan utama jatuh pada dinamika politik, khususnya Prabowo yang menggandeng Gibran Rakabuming Raka, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), sebagai cawapresnya. Bloomberg mencatat tuduhan bahwa langkah ini dapat menciptakan sebuah dinasti politik.

“Keduanya berjanji untuk melanjutkan kebijakan-kebijakan Jokowi, termasuk hilirisasi mineral dan pembangunan ibu kota baru senilai US$34 miliar,” tulis Bloomberg, menggarisbawahi potensi arah kebijakan pemerintahan yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *