Anies Baswedan Berkomitmen Bangun 11 Stadion Internasional Seandainya Menjadi Presiden

Jakarta, 20 Januari 2024 – Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, mengungkapkan komitmennya untuk membawa perubahan signifikan dalam sektor olahraga Indonesia. Hal ini terungkap dalam acara dialog dan tukar pikiran pembangunan olahraga di rooftop Springhill, Pademangan, Jakarta Utara, pada Sabtu (20/1/2024).

Dalam pidatonya, Anies Baswedan berjanji akan membangun 11 stadion sepak bola bertaraf internasional jika terpilih sebagai presiden pada Pemilihan Presiden tahun 2024. “Kami berencana untuk membangun stadion sekurang-kurangnya 11 berskala internasional se-Indonesia,” ungkap Anies.

Menariknya, stadion-stadion tersebut direncanakan akan memenuhi standar FIFA dan didesain dengan konsep bangunan hijau (green building). Anies menyatakan bahwa konsep bangunan hijau tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga mencerminkan komitmen global untuk pelestarian lingkungan.

“Ini standarnya juga green building. Jadi gedung yang secara pengelolaan itu menggambarkan gedung yang ramah lingkungan,” tutur Anies.

Selain stadion, Anies Baswedan juga menyoroti pembangunan fasilitas olahraga publik dan lapangan latih. Lapangan latih tersebut akan menggunakan rumput buatan (artificial) untuk memastikan keberlanjutan penggunaannya tanpa batas waktu.

“Kalau rumput alami ada batasnya bisa pakai. Kalau rumput artificial, dia bisa digunakan 20 kali, 25 kali, 30 kali, masih oke, aman, dipakai sehingga tidak ada penurunan kualitas dan bisa dipakai sebagai tempat berlatih,” jelas Anies.

Selain itu, Anies Baswedan berharap fasilitas olahraga yang dibangun akan terintegrasi dengan transportasi umum. Tujuannya adalah untuk mengurangi kemacetan dan mendorong penggunaan transportasi umum.

“Stadion modern ke depan itu tidak perlu parkir yang luas, tapi dekat dengan transportasi umum supaya orang-orang bisa berbondong-bondong datang tanpa kerepotan untuk memacetkan lingkungan sekitarnya. Ikhtiar kita membangun infrastruktur itu serius,” tambah Anies.

Rencana ambisius ini diharapkan dapat mengangkat prestasi olahraga Indonesia dan menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan atlet-atlet berbakat. Tetapi, implementasi rencana tersebut akan memerlukan dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak terkait.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *